Apakah Minum Kolagen Kunci untuk Membuat Kulit Anda Selamanya Muda?

Kami telah mendengar Anda adalah apa yang Anda makan, jadi secara teknis minum atau makan kolagen akan membantu memberi tubuh Anda blok bangunan untuk membuat kolagen ... kan?

Pertama, mari kita membedah kata kolagen, kata kunci yang telah merambah ke produk kecantikan, suplemen, dan iklan Facebook kami. Kolagen adalah protein yang sangat penting yang menjaga jaringan dan tulang Anda tetap bersatu. Khusus untuk kulit Anda, kolagen membantu memberikan struktur dan elastisitas kulit Anda, atau “pentalan” yang terkenal itu.

Jadi, dalam teori, meningkatkan kadar kolagen kulit Anda - atau mencegah kehilangannya - akan membantu Anda terlihat lebih muda. Tetapi apakah akan meminumnya atau memakannya melakukan sesuatu?
Minum langsung dari mata air awet muda?

Kolagen mengandung asam amino hidroksiprolin yang unik pada kulit muda. Prolyl-hydroxyproline, sebuah fragmen kolagen yang hanya terdiri dari dua asam amino, ditemukan memicu sel-sel kulit in vitro (dalam sel) untuk menghasilkan lebih banyak asam hyaluronic, komponen lain yang penting untuk meningkatkan kadar air kulit.
Kolagen mengandung hydroxyproline, asam amino yang unik untuk kulit muda.

Sayangnya, Anda biasanya memiliki kontrol yang sangat kecil terhadap di mana tubuh Anda menempatkan sesuatu. Ketika Anda makan atau minum protein seperti kolagen, perut dan usus kecil Anda akan memecah protein menggunakan enzim. Fragmen-fragmen kecil ini umumnya hingga tiga asam amino jauh sebelum tubuh Anda dapat menyerapnya. Itu bukan banyak asam amino. Dan sebagian besar waktu tubuh Anda tidak dapat mengatakan fragmen khusus ini berasal dari kolagen - mereka bisa menjadi sejumlah protein lain.
Tetapi bagaimana dengan semua ilmu, studi, dan janji?

Seperti mata air awet muda, ilmu di balik kolagen telah diterjemahkan secara berbeda di berbagai saluran, yang menghasilkan kesimpulan yang sangat berbeda. Meskipun ada penelitian di mana suplemen kolagen telah memperbaiki kulit, semuanya ada pada tikus dan tikus, dan bahkan babi.

Dan apa yang berhasil di lab tidak selalu berfungsi untuk kulit kita. Masalah lain dengan studi suplemen ini adalah mereka sering menggunakan kombinasi bahan. Ini berarti Anda tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa kolagen memiliki efek. Ini bahkan lebih rumit karena sebenarnya ada 28 jenis kolagen yang berbeda, dan tidak semuanya membantu kulit Anda!

Protein kolagen juga terdiri dari ribuan asam amino. Kebanyakan suplemen menggunakan kolagen yang dihidrolisis (rusak), tetapi Anda dapat memecahnya dengan berbagai cara. Sepertinya tubuh tidak selalu memperlakukan mereka dengan cara yang sama. Ini berarti bahwa penelitian yang menunjukkan manfaat dengan satu bentuk kolagen tidak memberi tahu Anda apa pun tentang bentuk kolagen lain - atau bahkan suplemen kolagen lainnya.

Dan tentang mereka "menurut laporan sains." Apakah ada studi manusia klinis tentang kolagen? Yakin. Namun, itu memunculkan masalah lain. Banyak dari studi ini dilakukan oleh orang yang menjual suplemen kolagen. Ada bias yang jelas terhadap penerbitan hasil yang baik.

Relawan mengambil suplemen harian yang mengandung 5 gram kolagen terhidrolisis yang berasal dari tulang rawan ikan serta sejumlah besar vitamin dan mineral lainnya. Kekeringan, keriput, dan lipatan nasolabial meningkat setelah 60 hari, dan kepadatan kolagen dan kekencangan kulit membaik setelah 12 minggu. Sebagian besar percobaan tidak menggunakan kontrol plasebo, dan persidangan dipublikasikan sepenuhnya oleh perusahaan yang memproduksi suplemen.

Percobaan lain yang disponsori oleh produsen, dijalankan bersama dengan universitas, memiliki sukarelawan menggunakan suplemen harian yang mengandung 2,5 gram peptida kolagen atau plasebo selama delapan minggu. Ada perbaikan pada kerutan mata serta kandungan kulit. Suplemen yang sama juga meningkatkan elastisitas kulit setelah delapan minggu dalam percobaan terpisah.

Uji coba terkontrol plasebo lain yang dijalankan oleh pabrikan menemukan bahwa 10 gram suplemen peptida kolagen setiap hari meningkatkan hidrasi kulit setelah delapan minggu, peningkatan kepadatan, dan penurunan fragmentasi kolagen di kulit setelah empat minggu.

Meskipun sepertinya suplemen kolagen menjanjikan dan berpotensi bekerja, bukti itu jauh dari padat!
Jadi, apa yang lebih mungkin menjadi mata air awet muda?

Sepertinya menepuk air mancur pemuda ke kulit Anda masih lebih efektif daripada minum dari itu! Carilah produk topikal seperti krim yang mengandung vitamin A dengan bahan-bahan seperti retinol dan tretinoin. Ini adalah standar emas untuk meningkatkan kolagen di kulit. Serum vitamin C juga fantastis untuk meningkatkan kolagen.

Hidrasi kulit juga merupakan penyebab umum kulit yang tampak lelah dan mudah diperbaiki dengan serum dan pelembab juga. Carilah bahan-bahan yang mengandung humektan, atau bahan-bahan yang meningkatkan retensi kelembaban, seperti gliserin dan asam hialuronat untuk menguliti kulit dan menyembunyikan kerutan.

Yang paling penting, tabir surya dengan perlindungan UVA yang tinggi akan mencegah radikal bebas dari menghancurkan kolagen di tempat pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar